Siapa Bilang Menyusui Tak Perlu Ilmu

Boleh dibilang aku pusing tujuh rupa, tujuh keliling. Salah seorang kolega memintaku berbagi ilmu analisis sosial pada komunitas ibu menyusui. Wah, ini benar-benar isu yang asing bagiku. Walaupun aku juga ibu-ibu dan pernah menyusui anak sendiri, bertahun-tahun lalu.

Ya tapi tentunya, itu sama sekali tidak menolongku memahami isu-isu terkini untuk urusan menyusui. Aku harus sedemikian cerewetnya meminta berbagai informasi internal organisasi, dan bertanya ini itu selama berhari-hari dalam rangka memahami hal-hal terkait menyusui. Membaca artikel, membaca undang-undang dan kebijakan, minta masukan dari calon peserta sebelum hari H, sampai menyusun tabulasi permasalahan.

6 September 2016 kemarin, hari H tiba. Asli, ini semacam kuliah kilat bagiku. Dan sebagai tambahan informasi, 10 tahun terakhir ini, karena aku justru lebih familiar dengan kerja-kerja bersama komunitas nyleneh, saat ditempatkan berinteraksi kembali dengan ibu-ibu biasa, aku justru sedikit canggung.

Belasan menit pertama aku gunakan untuk penjajakan kilat, membaca energi peserta. Menjajaki kecepatan belajar yang pas untuk mereka, serta ketahanan menyerap materi belajar. Kesimpulannya, ritme sebaiknya lambat dulu, plus banyak diselingi jeda, yang kemudian dimanfaatkan peserta untuk ngobrol sejadi-jadinya antar mereka. Maklum, ini sekaligus reuni dan sarana meminimalkan kebosanan menjalani rutinitas sebagai ibu rumah tangga. Demikian yang aku tangkap.

Cengar-cengir sendiri ketika menyadari, obrolan ibu-ibu ya tidak jauh dari ngrasani kelucuan-kelucuan anak, dan (tentunya) suami. Mumpung yang dibicarakan tidak ada di lokasi.

Materi ajar ternyata cepat diserap dan menjadi bahan diskusi seru bagi peserta. Aku terkagum-kagum pada pemahaman mendalam beberapa peserta tentang seluk beluk masalah menyusui. Aku yakin, kawan-kawan ini hanya butuh sedikit asistensi untuk nantinya bekerja lebih efektif untuk isu menyusui.

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s